RS PKU Muhammadiyah Rogojampi, Banyuwangi

PKU Muhammadiyah Rogojampi

Alamat : Jl Rogojampi, Rogojampi
Banyuwangi, Jawa Timur
68462

Type RS Umum Kelas D

SAHABAT DISAAT SEHAT DAN SAKIT

Tlp : +62 333 631149

fax : +62 333 631149

 

Info Lengkap kunjungi

rogojampi.rsmuhammadiyahjatim.com

Sampai tahun 1963 di Kecamatan Rogojampi, hanya terdapat 1 buah poliklinik yang diselenggarakan oleh pemerintah. Melihat hal tersebut, Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi yang bergerak di bidang social kemasyarakatan merasa terpanggil untuk membantu pemerintah menyelenggarakan dan melaksanakan program di bidang kesehatan. Maka pada tahun tersebut disusunlah panitia pembangunan gedung BKIA Muhammadiyah.

Pada bulan April 1970 diresmikan berdirinya gedung dan dibukanya balai pengobatan PKU Muhammadiyah. Pada tahun 1971, diresmikan rumah bersalin dan balai kesehatan ibu dan anak untuk melengkapi balai pengobatan PKU. Dokter penanggung jawab pertama pada saat itu adalah dr. Syamsul Qolbi Rachim.

Sejak awal berdirinya hingga kini, BP/RB dan BKIA PKU Muhammadiyah mendapat respon yang sangat positif dari warga masyarakat Rogojampi. Dari tahun ke tahun perkembangan kegiatan pelayanan kepada masyarakat cukup menggembirakan, sehingga secara bertahap dapat meningkatkan pelayanan dan sarana yang dibutuhkan.

Pada tahun 2000 dimulai rencana dan persiapan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan menjadi sebuah rumah sakit. Terhitung sejak bulan September 2002 berdasarkan rekomendasi dinas kesehatan kabupaten banyuwangi, PKU Muhammadiyah rogojampi berubah status menjadi rumah sakit khusus ibu dan anak. Dan dengan terbitnya keputusan kepala dinas kesehatan propinsi jawa timur tanggal 6 agustus 2004, lembaga ini menjadi rumah sakit walaupun masih dalam taraf uji coba.

Pada perkembangannya, tanggal 30 mei 2008 keluar ijin tetap penyelenggaraan rumah sakit ini yang tertuang dalam surat keputusan menteri kesehatan republic Indonesia tentang pemberian ijin penyelenggaraan rumah sakit ibu dan anak pku muhammadiyah rogojampi, selama lima tahun hingga 30 mei 2013.